Mengenal Asam Urat

Asam urat seringkali menjadi momok bagi banyak orang, baik tua maupun muda. Kadar asam urat yang tinggi sering dihubungkan dengan rasa nyeri dan pegal-pegal pada badan. Sebenarnya, apakah asam urat itu?

Asam urat bukanlah sebuah nama penyakit. Asam urat merupakan suatu zat hasil metabolisme purin. Purin itu sendiri berasal dari hasil pemecahan sel tubuh yang rusak, serta dapat diperoleh dari makanan. Semakin banyak kita makan makanan yang mengandung purin, semakin tinggi pula kadar asam urat dalam darah kita.

Kadar asam urat yang tinggi dalam darah dapat menyebabkan rasa sakit di persendian karena asam urat tersebut berbentuk seperti kristal yang tajam, dan bila mengendap maka akan menimbulkan peradangan dan rasa nyeri. Lokasi pengendapan asam urat, terutama pada sendi ibu jari kaki, yang apabila meradang akan menjadi bengkak dan sangat nyeri. Selain mengendap di persendian, asam urat juga dapat menjadi salah satu penyebab terjadinya batu ginjal.

Mengatatasi kadar asam urat yang tinggi dapat dilakukan dengan membatasi makanan yang memiliki kadar purin yang tinggi serta mengkonsumsi cukup cairan, minimal 2 liter/hari. Kadar purin tinggi terdapat dalam daging merah, daging berlemak, jeroan, ekstrak daging/ kaldu, daging bebek, ikan sadden, makarel, dan kerang, serta kacang-kacangan.

Obat-obatan untuk menurunkan kadar asam urat sebaiknya tidak langsung dikonsumsi tanpa petunjuk dari dokter, karena kesalahan waktu pemberian obat dapat menyebabkan rasa nyeri dan peradangan menjadi semakin hebat. Memilih makanan yang bermanfaat dan tidak merugikan tubuh merupakan salah satu upaya penting untuk menjaga kadar asam urat yang normal, serta hidup sehat dan bugar.

, ,

About dr. Sylvia Irawati

View all posts by dr. Sylvia Irawati →

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *