Pages Menu
TwitterRssFacebook
Categories Menu

Posted by on May 13, 2013 in Featured, Healthy Diets | 0 comments

Suplemen untuk Meningkatkan Daya Ingat

Suplemen untuk Meningkatkan Daya Ingat

Apakah Anda pernah melupakan hal-hal kecil yang biasanya Anda ingat dengan mudah? Seperti lupa di mana Anda menaruh kunci mobil sesampainya Anda di rumah? Lupa lirik lagu favorit Anda? Apabila Anda menjawab ya untuk pertanyaan-pertanyaan di atas mungkin Anda mengalami penurunan fungsi kognitif sebagai bagian dari proses penuaan. Menurut penelitian terbaru yang dimuat dalam British Medical Journal kemampuan otak seseorang mulai menurun pada usia 40 tahun. Jadi, apabila Anda masih dalam usia dekade dua dan tiga kehidupan tetapi telah merasakan fungsi otak Anda tidak seoptimal biasanya, mungkin Anda membutuhkan suplemen untuk meningkatkan daya ingat.

Anda mengeluarkan banyak uang untuk membeli krim anti-aging merek ternama untuk mendapatkan kulit wajah yang bebas kerut, atau Anda terdaftar di pusat klub kebugaran sebagai upaya untuk tetap fit. Bagaimana dengan otak Anda?

Banyak cara yang dapat Anda lakukan untuk melindungi otak dari proses penuaan dini. Antara lain dengan mengkonsumsi beberapa suplemen yang dapat membantu mengoptimalkan fungsi otak Anda. Berikut adalah 6 jenis suplemen yang terbukti dapat meningkatkan fungsi otak Anda :

1. Asam Lemak Omega 3

Asam lemak omega 3 dianggap sebagai asam lemak esensial, artinya tidak dapat diproduksi oleh tubuh manusia tetapi vital bagi berlangsungnya metabolisme normal. Walaupun begitu, tubuh mamalia mempunyai kemampuan terbatas untuk membentuk asam lemak omega 3 rantai panjang seperti docosahexaenoic acid, atau yang lebih dikenal dengan singkatan DHA.

DHA ditemukan dalam konsentrasi tinggi di area abu-abu otak. Zat ini berperan penting dalam pembentukan koneksi sinaps di dalam otak. Koneksi-koneksi ini memungkinkan berbagai bagian otak untuk saling berkomunikasi. Jika diibaratkan seperti mesin, otak juga membutuhkan minyak untuk tetap menjalankan fungsinya dengan baik. Salah satu “minyak” tersebut adalah omega 3.

Sumber makanan yang kaya akan omega 3 meliputi ikan laut seperti salmon, tuna, sarden, kacang walnut, dan flaxseed oil. Apabila Anda tidak mendapatkan cukup asupan omega 3 dari makanan Anda, maka Anda dapat mengkonsumsi suplemen omega 3 tambahan.

2.Co-enzim Q10

Coenzim Q10 adalah zat yang secara natural terdapat di dalam semua sel tubuh, serta merupakan antioksidan kuat. Coenzim Q10 dapat meningkatkan fungsi otak dengan berperan langsung dalam proses pembentukan energi yang dilakukan oleh mitokondria di dalam sel tubuh. Bahan makanan yang kaya akan kandungan zat ini antara lain ikan (salmon dan tuna), hati sapi dan ayam, kacang kedelai dan gandum utuh.

3.Vitamin B terutama B6 dan B12

Penelitian menunjukkan bahwa vitamin B dapat memperbaiki daya ingat dengan cara membentuk selaput pelindung sel-sel saraf otak. Vitamin B juga memecah homosistein, yaitu asam amino yang bersifat toksik terhadap sel saraf. Vitamin B juga berperan dalam pembentukan sel darah merah yang berguna mengangkut oksigen ke otak. Vitamin B yang paling berperan dalam meningkatkan kinerja otak antara lain B6, B12 dan Asam Folat. Anda dapat meningkatkan asupan vitamin B dengan mengkonsumsi suplemen dan bahan makanan yang banyak mengandung vitamin B seperti bayam dan sayuran hijau lainnya, brokoli, asparagus dan kacang kedelai.

4.Antioksidan : Vitamin E, Vitamin C dan beta karoten

Antioksidan berfungsi melindungi jaringan otak dengan cara menghancurkan radikal bebas yang merupakan bentuk toksik dari molekul oksigen yang dapat ditemukan dalam aliran darah.  Vitamin C, E dan beta karoten merupakan salah satu sumber antioksidan dan dapat ditemukan dalam blueberi, stroberi, tomat merah, teh, kacang-kacangan dan biji-bijian, jeruk dan anggur.

5.Acetyl l-carnitine

Acetyl l-carnitine merupakan asam amino yang dapat melewati sawar darah otak dan berfungsi membantu produksi energi yang diperlukan otak dalam menjalankan fungsi optimalnya. Selain itu, suplemen ini juga berfungsi sebagai antioksidan. Menurut penelitian, ALC sangat bermanfaat bagi otak dan sistem saraf karena fungsinya sebagai berikut :

-  Memperlambat proses penuaan otak

-  Mencegah kerusakan sel daraf pada saat terjadi keadaan kurangnya oksigen dalam otak

-  Memperbaiki dan melindungi membran reseptor sel

-  Membantu meningkatkan kadar asetilkolin dalam otak yang berfungsi dalam proses daya ingat dan kemampuan belajar

6.Alpha Lipoic Acid (ALA)

Alpha lipoic acid adalah antioksidan yang diproduksi oleh tubuh dan dapat ditemukan dalam setiap sel, serta membantu proses perubahan glukosa menjadi energi. Sementara zat antioksidan lain seperti vitamin C hanya dapat larut dalam air dan vitamin E hanya dapat larut dalam lemak, ALA itu mempunyai kelebihan yaitu dapat larut baik dalam air maupun lemak. Itu artinya zat ini dapat bekerja di semua jaringan tubuh. Selain itu, kelebihan lain ALA adalah selain melawan radikal bebas, zat ini juga terbukti dapat meregenerasi antioksidan lain dan membuatnya dapat aktif kembali.

Post a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>