Siapkah Anakku Menerima MPASI?

Memperkenalkan makanan pendamping ASI (MPASI) pada bayi dapat menjadi pengalaman yang menyenangkan bagi seorang ibu. Mengabadikan momen anak Anda yang lucu dengan bekas makanan di pipinya dapat menjadi saat bahagia untuk dikenang, mungkin kecuali saat membersihkan tumpahan makanannya di lantai dan meja.

Terlepas dari itu, pengenalan makanan pendamping ASI pada bayi, perlu kecermatan dari para ibu. Pada periode ini, terjadi transisi dari ASI ke makanan padat, yang bila kurang mendapat perhatian, dapat berakibat kurangnya aspuan nutrisi anak dan gangguan makan di kemudian hari. Kadang para ibu bertanya: siapkah anakku menerima MPASI? bagaimana tahapan pemberian MPASI? Oleh karena itu MoveOnDiet akan mengulas secara singkat kapan dan bagimana pemberian MPASI.

Kapan pemberian MPASI?

Saat bayi berusia 4-6 bulan merupakan saat yang paling tepat untuk memperkenalkan makanan padat. Hal ini sesuai dengan perkembangan bayi yang sudah dapat menegakkan kepalanya dan hilangnya refleks ekstrusi (refleks yang berguna untuk mendorong dan menghisap ASI dari putting maupun botol, namun dapat mendorong sendok keluar dari mulut).

Perhatikan tanda perkembangan bayi berikut ini yang menandakan bahwa bayi Anda sudah siap menerima MPASI.

  1. Dapat duduk dengan bantuan, dapat menegakkan leher dan kepala
  2. Berat badan 2x berat badan lahir
  3. Bayi tertarik dengan apa yang orang tuanya makan dan berusaha mengambilnya
  4. Mampu menahan makanan dalam mulut dan tidak mengeluarkannya lagi

Pemberian MPASI lebih dari usia 6 bulan dapat berisiko kekurangan nutrisi mikro pada bayi. Pada usia 6 bulan, ASI saja sudah tidak mampu memenuhi kebutuhan bayi. Selain itu, cadangan zat besi dalam tubuh bayi mulai menurun dan ASI tidak dapat mencukupi kebutuhan zat besi, sehingga diperlukan tambahan dari MPASI. Sebaliknya, pemberian MPASI yang terlalu awal menyebabkan gangguan saluran pencernaan, alergi, overweight dan obesitas, serta berbagai masalah kesehatan di kemudian hari.

Bagaimana memulai pemberian MPASI?

Sperti layaknya berkenalan dengan seseorang, pengenalan terhadap makanan perlu dilakukan secara bertahap dan perlahan, serta mengikuti respon dari bayi. Setiap anak memiliki respon penerimaan terhadap makanan yang berbeda dengan anak yang lain. Oleh karena itu, perhatian dan kesabaran dari Ibu sangat diperlukan.

Makanan yang diperkenalkan bervariasi dalam hal rasa, bau, serta terkstur makanan. Pemberian makanan dilakukan secara bertahap dengan memberikan 1 jenis makanan selama beberapa hari sebelum memperkenalkan makanan baru lainnya. Pengenalan yang bertahap ini penting untuk dilakukan agar ibu dapat mengetahui respon anak terhadap 1 jenis makanan tertentu. Bila timbul alergi atau reaksi lain, ibu akan segera mengetahui. Bila pemberian jenis makanan baru dilakukan pada saat bersamaan, ibu akan kesulitan mengetahui makanan mana yang menimbulkan respon tersebut.

Berikut ini adalah tips pemberian MPASI pada bayi:

  1. Pada minggu pertama, coba berikan makanan lembut dalam bentuk puree dan dari sendok yang lembut.
  2. Berikan dalam jumlah sedikit (setengan sendok makan) setelah pemberian ASI
  3. Jangan khawatir bila bayi menumpahkan makanan keluar dari mulutnya, karena makan merupakan proses belajar
  4. Beberapa makanan akan menghasilkan BAB yang berbeda warna dan baunya, sehingga tidak perlu khawatir akan perubahan pada tinja, namun perlu untuk diperhatikan
  5. Jangan memaksa bayi untuk makan, trauma karena paksaan untuk makan dapat berakibat gangguan pola makan di kemudian hari
  6. Ajak anak untuk makan bersama pada saat makan keluarga
  7. Bersiaplah untuk membersihkan tumpahan makanan, karena itu adalah rangkaian proses anak belajar makan
  8. Relaks dan selalu temani anak pada saat makan
  9. Bila pada perbobaan pertama anak menolak untuk makan MPASI, jangan menyerah dan cobalah lagi esok hari.

 

Selamat mulai memperkenalkan MPASI =)

Referensi:

http://www.webmd.com/parenting/baby/baby-food-nutrition-9/starting-solid-food

http://www.health.wa.gov.au/docreg/Education/Population/Child_Health/Feeding/HP003055_babys_first_foods.pdf

http://www.sarihusada.co.id/ina/article-detail/8103012012143951/makanan-pendamping-air-susu-ibu/

,

About dr. Sylvia Irawati

View all posts by dr. Sylvia Irawati →

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *