Panduan Memilih Suplemen yang Tepat!

Saat ini ini banyak sekali iklan produk yang mempromosikan kelebihan produknya masing-masing.. Tetapi, suplemen manakah yang harus kita pilih? Artikel ini akan membahas tentang panduan memilih suplemen yang tepat.

Suplemen sebenarnya adalah asupan tambahan dari makanan. Keberadaan suplemen tidak dapat menggantikan makanan pokok. Biarpun sudah mengkonsumsi suplemen, tetap saja kita harus menjaga gizi dari makanan pokok yang kita makan. Agar dapat berfungsi optimal, ada baiknya kita simak artikel berikut mengenai supaya dapat memilih suplemen dengan tepat.

Suplemen yang baik adalah suplemen yang memiliki jumlah nutrisi paling mendekati Reference Daily Intake(RDI). RDI merupakan nilai rujukan gizi yang dipakai secara umum yang menggambarkan kebituhan gizi seseorang dalam 1 hari. Selain itu, patokan lain adalah Recommended Dietary Allowence (RDA)RDA adalah jumlah zat gizi yang diperkirakan dapat memenuhi 97%-98% kebutuhan gizi pada individu yang sehat berdasarkan umur dan jenis kelamin.

  • Vitamin A cukup dikonsumsi sesuai dengan RDI (1000 RE atau 3330 IU). Vitamin A yang dikonsumsi lebih dari 10,000 IU meningkatkan resiko bayi lahir cacat.
  • Beta-Carotene, merupakan senyawa yang akan dirubah didalam tubuh menjadi vitamin A, sehingga kemungkinan penumpukan vitamin A lebih sedikit. Hal ini juga menurunkan kemungkinan lahir bayi cacat. Disarankan untuk tidak mengkonsumsi vitamin ini lebih dari 15,000 IU, karena dapat meningkatkan kejadian kanker pada pasien perokok.
  • Folic Acid. Konsumsi asam folat sebanyak 0.4mg atau 400ug akan menurunkan resiko cacat bayi seperti gangguan pada saraf tulang belakang dan timbulnya bibir sumbingAsam folat juga berfungsi untuk menurunkan resiko sakit jantung dan kanker usus besar.
  • Vitamin D, banyak terkandung dalam ikan, susu, dan kacang-kacangan. Untuk orang yang berusia diatas 50 tahun, disarankan untuk menambah suplemen vitamin D sebanyak 400 IU. Tujuan penambahan itu untuk mencegah osteoporosis.
  • Fosfor,  dikonsumsi dalam batas maksimal 500mg, karena fosfor banyak terkandung dalam makanan pokok.
  • Besi0-10mg zat besi sudah cukup bagi orang yang tidak mengalami anemia ataupun gangguan perdarahan. Untuk anak-anak dan wanita yang masih dalam usia subur, dianjurkan untuk mengkonsumsi  10-14mg setiap hari, karena kelompok ini memiliki cadangan besi yang rendah Terlalu banyak konsumsi zat besi akan menyebabkan konstipasi atau sulit buang air besar.
  • Tembaga dan Zinc.  Mengkonsumsi 9 mg zinc dan 2mg tembaga dapat meningkatkan imunitas. Konsumsi zinc yang berberlebihan dapat menurunkan penyerapan tembaga dan bahkan dapat menekan imunitas tubuh.
  • Iodine, Manganese, Chloride, Molybdenum, Boron, Biotin, Asam Pantotenat, Nickel, Silicon, Tin, Vanadium.Sampai saat ini, belum ada penelitian yang berhasil membuktikan bahwa seseorang membutuhkan zat-zat ini dalam asupan makanan.

Memilih suplemen yang tepat

Bagaimana memilih produk suplement yang tepat? Tentunya yang paling berpengaruh selain fungsi, tentu harus mudah diserap dan juga aman dikonsumsi. Untuk itu kita dapat memilah produk dari :

  • Pilih produk yang telah di chelate- kan, yaitu produk yang telah di proses dengan pengikatan molekul sehingga penyerapan didalam usus menjadi lebih sempurna. Dengan proses ini dapat dipastikan zat-zat yang terbuang akan minimal.
  • Pilih suplemen multivitamin karena lebih efektif dan memudahkan anda dalam mengkonsumsinya.
  • Pilih produk yang telah melalui penelitian yang dapat dipercaya dan telah disetuju oleh FDA, bukan hanya dari kesaksian sejumlah orang.
  • Pilih bahan suplement yang diproduksi dari bahan yang natural seperti extract dari buah-buahan, tidak mengandung pewarna buatan, perasa buatan, dan pengawet.
  • Bila anda memiliki alergi terhadap zat tertentu, perhatikan pula zat tambahan yang biasa ditambahkan kedalam suplement.
  • Disarankan untuk memilih produk tablet enteric coat, karena tablet jenis ini baru mulai melepaskan zat- zat yang kita butuhkan tepat pada pusat penyerapan yaitu usus, sehingga zat-zat ini tidak akan dirusak oleh asam lambung.

Jadi, sudah siapkah movers untuk mengkonsumsi suplemen yang tepat?

Sumber :

  • Live longer live better; Chauchard, Claude; la clinique de paris; 1998; hal 131-140
  • The anti aging solution; Giampa, Vincent et.al; Jhon Wiley and sons,inc; 2004; hal 129-156
  • Courtesy of Fraser Valley Health Region Community Nutrition located in Abbotsford, BC Canada

 

, ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *