Makanan Pertama yang Tepat Bagi Anakku

Memberi makanan pendaping ASI sering membuat para ibu bingung mengenai apa jenis makanan yang perlu diperkenalkan terlebih dahulu. Kekhawatiran bahwa anak akan menolak atau risiko gangguan pencernaan dan alergi pada makanan tertentu membuat para ibu bertanya-tanya apa makanan pertama yang tepat bagi anakku?

Berikut ini MoveOnDiet akan menyajikan pilihan makanan pertama bagi anak. Selamat memberi makanan pertama bagi anak Anda, Bunda =)

  1. Mulai dengan bubur beras. Bubur beras memiliki risiko yang minimal dalam menimbulkan reaksi alergi. Buat 1 sendok teh bubuk beras bayi dan campurkan dengan ASI, air hangat atau susu formula (bila menggunakan susu formula) hingga membentuk bubur. Berikan 1 atau 2 kali sehari setelah pemberian ASI. Secara bertahap, naikkan jumlah bubur beras selama beberapa hari hingga anak mampu makan 1-2 sendok makan bubur beras dalam sekali makan.
  2. Perkenalkan sayuran terlebih dahulu sebelum buah. Buah memiliki rasa yang manis, sedangkan sayuran lebih terasa tawar. Memperkenalkan sayuran sebelum buah membantu anak untuk menyukai sayuran, karena bila anak sudah mengenal rasa manis seperti yang ada dalam buah, akan lebih sulit bagi anak untuk menerima makanan yang tawar. Sayur dan buah dibuat dalam bentuk puree dengan menghaluskan bahan tersebut dan dicampur dengan sedikit ASI, air matang, atau susu formula (bila menggunakan susu formula). Berikan sebanyak 1 sendok teh, kemudian tingkatkan secara bertahap.
  3. Jenis buah dan sayur yang dapat diperkenalkan terlebih dahulu adalah: kentang, labu, wortel, bayam. Kemudian dilanjutkan dengan apel, pir, pisang, alpukat.
  4. Berikan 1 jenis makanan baru selama 3-4 hari untuk mengenal reaksi yang terjadi pada bayi setelah konsumsi makanan baru tersebut
  5. Kukus atau rebus bahan makanan dengan sedikit air dan tanpa tambahan gula dan garam. buat menjadi bentuk puree dengan menggunakan blender atau menghaluskan secara manual
  6. Pada usia 7 hingga 9 bulan dapat diberikan makanan yang lebih memiliki terkstur. Bubur saring dapat mulai diberikan 1x sehari yang diberikan bergantian dengan bubur susu. Frekuensi pemberian bubur saring semakin meningkat menggantikan bubur susu, hingga pada usia 9 bulan anak mendapat bubur saring sebanyak 3x sehari.
  7. Setelah berusia diatas 9 bulan, anak dapat diberikan nasi lembek, yang dapat ditingkatkan hingga mampu makan makanan rumah tangga pada usia 1 tahun.
  8. MPASI dapat disimpan dalam bentuk beku di dalam tempat es batu dan disimpan dalam freezer untuk digunakan pada saat makan berikutnya
  9. Makanan yang terasa hambar bagi orang dewasa akan dirasakan nikmat oleh anak karena anak memiliki sensitivitas yang lebih tinggi terhadap rasa. Jadi jangan tambahkan gula atau garam
  10. Madu tidak disarankan untuk dikonsumsi. Bakteri yang terdapat dalam madu dapat berbahaya bagi bayi. Madu baru dapat diberikan pada usia 2 tahun
  11. Kacang-kacangan utuh tidak direkomendasikan bagi anak hingga usia 5 tahun karena adanya bahaya tersedak. Selai kacang dapat diberikan setelah anak berusia diatas 1 tahun
  12. Konsumsi telur, terutama pada anak yang memiliki kecenderungan alergi, tidak disarankan karena telur merupakan salah satu makanan yang dapat mencetuskan alergi. Pemberian telur dapat dimulai dengan pemberian kuning telur terlebih dahulu karena allergen berada pada protein yang terdapat pada putih telur.Disarankan telur baru diberikan pada usia diatas 1 tahun, dan lebih baik setelah berusia 2 tahun.
  13. Minuman yang kurang tepat bagi bayi, diantaranya adalah susu sapi, susu rendah lemak dan susu skim, jus buah. Jus buah dapat berakibat buruk bagi gigi, mengganggu saluran pencernaan, anak kehilangan nafsu makan, dan tinja menjadi lembek hingga cair. Jus tidak boleh diberikan saat anak berusia dibawah 6 bulan, dan disarankan bagi anak berusia lebih dari 6 bulan untuk mengonsumsi buah, bukan jus buah.

 

Referensi:

http://www.health.wa.gov.au/docreg/Education/Population/Child_Health/Feeding/HP003055_babys_first_foods.pdf

http://www.tipsbayi.com/mengenalkan-mpasi-setelah-bayi-berusia-6-bulan.html

http://www.sarihusada.co.id/ina/article-detail/8103012012143951/makanan-pendamping-air-susu-ibu/

,

About dr. Sylvia Irawati

View all posts by dr. Sylvia Irawati →

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *