Konsumsi Kedelai Dapat Turunkan Tekanan Darah

Kacang kedelai dan hasil olahannya seperti susu kedelai,  tempe, dan tahu tak hanya sedap untuk disantap tetapi juga memberi manfaat bagi kesehatan. Konsumsi kedelai dapat turunkan tekanan darah karena adanya komponen isoflavon. Dr. Suzanne Steinbaum, direktur bagian penyakit jantung wanita di Rumah Sakit Lenox Hill di New York City mengatakan bahwa komponen isoflavon dalam kedelai mampu menurunkan tekanan darah dengan melebarkan ukuran pembuluh darah. Isoflavon mampu menurunkan tekanan darah dengan meningkatkan pelepasan nitric oxide, yaitu suatu zat yang diperlukan untuk pengaturan diameter pembuluh darah. Kadar nitric oxide yang rendah di dalam darah akan menyebabkan pembuluh darah sulit untuk melebar sehingga tekanan darah menjadi meningkat.

Penelitian yang baru dilakukan  meneliti lebih dari 5.000 penduduk Amerika Serikat, dan menemukan bahwa peserta yang mengkonsumsi isoflavon lebih dari 2.5mg/hari dapat menurunkan tekanan darah sistolik rata-rata sebesar 5.5mmHg.

Menambahkan isofavon dalam makanan sehari-hari tidaklah sulit. Sebagai gambaran, satu gelas susu kedelai mengandung sekitar 22 mg of isoflavon and 100 gram kacang kedelai mengandung 130 mg isoflavon.

Konsumsi kedelai jika digabungkan dengan diet DASH (yang tinggi akan buah dan sayuran) dapat menurunkan tekanan darah dengan lebih besar yaitu hingga 10mmHg. Dengan disertai  olahraga teratur, pilihan diet dengan produk kedelai dan diet DASH akan memberikan manfaat yang lebih baik bagi tekanan darah Anda.

 

Sumber:

HealthDay News

WebMD: http://www.webmd.com/hypertension-high-blood-pressure/news/20120327/soy-nutrient-may-lower-blood-pressure

Science Daily: http://www.sciencedaily.com/releases/2012/03/120326113715.htm

, , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *