Cukupkah Batasi Makanan Asin?

Penyakit darah tinggi sering dikaitkan dengan pembatasan makanan yang memiliki rasa asin. Namun tak hanya makanan asin saja yang perlu dibatasi. yang terpenting adalah kandungan natrium atau sodium dari makanan atau minuman yang dikonsumsi.

Natrium atau Sodium memiliki peran penting dalam tubuh. Natrium merupakan zat esensial bagi kesimbangan cairan, kekuatan otot, dan fungsi saraf. Namun sebagian besar dari kita mengonsumsinya dalam jumlah yang berlebihan. Kebutuhan minimal tubuh manusia akan garam sebetulnya hanyalah 69 miligram per hari. Petunjuk diet rendah garam dari Amerika menyarankan untuk orang normal membatasi jumlah konsumsi garam per hari tidak melebihi 2.300 miligram per hari. Sedangkan untuk usia 51 tahun keatas atau mempunyai penyakit seperti tekanan darah tinggi, penyakit ginjal, atau diabetes, maka dibatasi tidak melebihi 1.500 miligram per hari. Bagi orang sehatyang rajin berolahraga berat sampai sedang, maka diijinkan mengonsumsi garam sampai 3.000 miligram per hari. Untuk sebagai gambaran, 1 sendok teh garamdapur setara  dengan 2.300 miligram natrium.

Rumusan kimia dari garam adalah NaCl. Komponen utama yang dihindari pada garam sebetulnya adalah elemen Natrium (Sodium) itu sendiri. Pasalnya, sodium tidak hanya terdapat pada garam saja, namun juga dapat ditemukan pada banyak makanan lainnya yang tidak harus dalam bentuk asin. Minuman kola, penyedap rasa, baking soda, kecap, dan saus adalah beberapa contohnya.

Mungkin akan membutuhkan waktu agar anda terbiasa menjalankan diet rendah garam, namun usaha ini akan terbayar nantinya. Dengan diet ini, resiko serta perjalanan penyakit seperti tekanan darah tinggi, gagal jantung, gagal ginjal kronis, diabetes dapat dicegah menjadi lebih buruk.

Berikut ini adalah daftar makanan yang termasuk memiliki kandungan natrium yang tinggi.

 

  • Garam dapur: 1 sendok teh garam dapur mengandung 2300 mg natrium, yaitu jumlah maksimal yang disarankan untuk dikonsumsi.
  • Kaldu bubuk atau kaldu blok: 5 gram atau 1 blok kaldu mengandung 1200 mg natrium. Setengah dari batas asupan natrium yang direkomendasikan
  • Baking soda: salah satu bahan dalam pembuatan kue ini mengandung 1300 mg natrium dalam setiap 1 sendok teh
  • Daging dalam kemasan: Garam sudah sejak dahulu digunakan dalam pengawetan daging. Dalam 1 lembar daging burger mengandung 416 mg natrium
  • Pretzel: 15 keping pretzel mengandung 1715 mg natrium
  • Keju: ternyata keju juga merupakan makanan yang memiliki kadar natrium yang tinggi. Dalam 100 gram keju, terkandung 1705 mg natrium.
  • Saus: Saus teriyaki sebanyak 1 sendok makan mengansung 690 mg natrium, sedangkan 1 sendok makan kecap asin mengandung hingga 1024 mg natrium.
  • Mie instan: Mie instan juga merupakan makanan yang tinggi natrium. Dalam 1 bungkus mie instan terdapat 1140 mg natrium.
  • Sayuran kaleng: Jangung dengan krim dalam kaleng mengandung 730 mg natrium

 

Dalam memilih makanan, jangan lupa selalu memperhatikan label Informasi Nilai Gizi yang tertera pada kemasan. Bacalah kandungan Natrium per saji untuk mengetahi seberapa banyak natrium yang dikonsumsi. Jangan cepat percaya dengan makanan yang menyatakan rendah natrium. Makanan bebas natrium adalah makanan dengan kadar natrium kurang dari 5 mg per saji. Kadar natrium sangat rendah bila kurang dari 35 mg natrium per saji, sedangkan rendah natrium berarti makanan tersebut mengandung natrium kurang dari 140 mg per saji.

Selamat memilih makanan sehat untuk Anda!

 

Referensi:

Salt Dhocker Slideshow: High Sodium Surprises. http://www.webmd.com/diet/ss/slideshow-salt-shockers

Top 10 Foods Highest in Soidium. http://www.healthaliciousness.com/articles/what-foods-high-sodium.php

, , ,

About dr. Sylvia Irawati

View all posts by dr. Sylvia Irawati →

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *